Rabu, 13 September 2017

Perkembangan Komputer Di Setiap Generasi



Jika di dunia shinobi kita mengenal yang namanya Hokage, maka di dunia komputer kita akan mengenal yang namanya Komkage. Sama seperti hokage yang hidup/memimpin desa konoha pada masa-masa tertentu, para komkage juga hidup/eksis pada masa yang berbeda-beda.

Di postingan pertama ini, saya akan mengajak anda mengenal siapa saja para Komkage yang pernah hidup sekaligus mengetahui perkembangan komputer, mulai dari komputer generasi pertama sampai komputer generasi yang akan datang.



Generasi Pertama (1940-1956) 

Di periode ini, generasi pertama dari komputer mulai dilatih (dikembangkan). Komputer generasi pertama menggunakan jutsu tabung vakum untuk sirkuit dan jutsu drum magnetik untuk penyimpanan memori. Jutsu tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal.

Inilah salah satu penampakan ENIAC
UNIVAC dan ENIAC adalah komkage yg memimpin pada masa komputer generasi pertama. Mereka pernah membantu badan sensus Amerika Serikat dalam melakukan sensus di Amerika.








Generasi Kedua (1964-1971) 

Teknologi jutsu tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari jutsu drum magnetik menjadi teknologi magnetik yang merupakan salah satu jenis genjutsu.

IBM 700/7000 series, sang Komkage kedua
Komkage pada masa ini adalah IBM 7000. Sedangkan komputer lain seperti NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh para shinobi kuat pada generasi ini.



Ini adalah Edo Tensei dari PDP-8 yang sekarang
dipajang di Smithsonian's National Museum
of American History di Washington DC

Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan jutsu sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Penggunaan jutsu ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, shiruken tipe mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah menguasai sistem operasi yang merupakan salah satu genjutsu terkuat sampai saat ini.


Komkage pada generasi ini adalah PDP-8 , sedangkan shinobi komputer kuat lainnya antara lain PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370.








Generasi Keempat (1971-sekarang) 

Di periode ini shuriken tipe prosesor mikro mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (PC) mulai digunakan. Dengan jutsu yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak awal pembangunan internet.
Komkage ke-4 APPLE II dengan julukan "Si Kilat Putih"

Shinobi-shinobi kuat dari generasi keempat ini antara lain IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, dan PUP 11. Sedangkan Komkage di generasi ini adalah APPLE II.

Generasi Kelima (sekarang-masa depan)

Komputer generasi kelima dilatih berdasarkan jutsu kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan dan pelatihan. Contoh jutsu yang sudah sering digunakan adalah jutsu pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.
Bapak Tony dan Komputer Masa Depannya

Nah itulah tadi para Komkage hebat yang pernah hidup dan eksis dimasa lalu. Selain itu kita juga telah mengetahui perkembangan komputer mulai generasi pertama sampai generasi yang akan datang. Saya harap postingan ini berfaedah buat anda walaupun cuma sedikit. Sampai jumpa lagi dipostingan yang lain. Sayonara Minna #piece_off

Tidak ada komentar:

Posting Komentar