Rabu, 22 November 2017

Sistem Informasi & Basis Data

Sistem Informasi


"Sistem informasi", apa itu? Ya sebenarnya saya juga tidak yakin, tapi kayaknya sistem informasi itu semacam 'aplikasi' atau 'suatu mekanisme' untuk mengolah informasi. Dan selanjutnya informasi yang sudah diolah tersebut kemudian ditampilkan sesuai dengan permintaan user / pengguna.

Menurut Kertahadi (2007) "Sistem informasi adalah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan."


Menurut buku yang saya baca, "sistem informasi" juga dapat diartikan sebagai cara manusia dalam saling bertukar informasi. Dan kegiatan saling bertukar informasi ini sudah dilakukan manusia dari zaman dulu (tepatnya 5000 tahun yang lalu). Sejarahnya seperti ini:

Huruf Mesir Kuno

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan  seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

Setelah  itu  teknologi  penyampaian  informasi  berkembang  melalui  gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa  gambar  peninggalan  zaman  purba masih  ada  sampai  sekarang  sehingga  manusia  sekarang  dapat  (mencoba)  memahami  informasi yang  ingin  disampaikan  pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi  yang  lebih  efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII  diganti  dengan  1943.  Teknologi  dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

TV Jadul
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar diarea yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

Setelah era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Ditemukannya sistem operasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persatu. 


SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI


Pada tahun 1940 (Perang dunia ke 2) sistem informasi digunakan oleh militer untuk  pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape. 

1. Generasi Pertama (1945-1955) Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. 

2. Generasi Kedua (1955-1965) Batch processing systemJob dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara  berurutan.Sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS,keduanya merupakan  bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi 

3. Generasi Ketiga (1965-1980) Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :

Multiuser = Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.

Multiprogramming =  Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.

Time sharing = Varian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satuterminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yangaktif secara bergantian secara cepat.

Spooling = Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral. 

4. Generasi Keempat (1980-199x) Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications. Perkembangan denganmeningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi jaringan(TCP/IP). Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi  berbasis komputer yang mendunia ini. Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System/ CBIS).

Dan setelah kita melihat perkembangan sistem informasi dari masa ke masa, sekarang kia sudah sampai di masa sistem informasi sudah sangat berkembang

Komponen Sistem Informasi
Ini terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur. SI dapat dikategorikan dalam empat bagian:
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Sistem Informasi Eksekutif
  • Sistem Pemrosesan Transaksi
Fungsi Sistem Informasi

  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.


Basis Data / Database


Basis data / database merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer yang secara sistematik agar dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Secara konsep Database berupa kompulan dari data-data yang membentuk file yang antara satu dan lainnya terhubung dengan tatacara tertentu untuk membentuk data baru. Selain pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian database menurut beberapa ahli:

S. Atte
Pengertian database menurut S. Atte adalah sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.

C.J. Date

Pengertian database menurut C.J. Date adalah kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

Date

Pengertian database menurut Date adalah sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi, jadi sistem database menurut Date pada dasarnya adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan juga membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

Tipe-Tibe Database

Tipe-tipe database dapat dibagi menjadi 12 tipe. Yaitu:

  1. Relational Database
  1. External Database
  1. Operational Database
  1. End-user Database
  1. Analytical Database
  1. Distributed Database
  1. Data Warehouse
  1. Real Time Database
  1. Document Oriented Database
  1. In Memory Database
  1. Navigational Database
  1. Hypermedia Database On The Web

Fungsi Database


Fungsi dari database adalah sebagai berikut:
  • Mengelompokkan data agar mudah dipahami.
  • Menghindari data rangkap atau duplikasi, inkonsistensi data.
  • Membuat mudah dalam menyimpan, mengakses, dan memperbaharui dan menghapus data.
  • Menjamin kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang dimasukkan.
  • Solusi dalam proses menyimpan sebuah data, utamanya pada yang besar.
  • Penunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.

Manfaat Database

Manfaat database adalah sebagai berikut:
  • Sebagai komponen penting sistem informasi karena sebagai dasar dalam menyedikan informasi.
  • Kualitas informasi dapat ditentukan yaiut cepat, akurat, dan relevan
  • Mengatasi kesulitan mengakses data
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data
  • Menyusun format data yang standar
  • Dapat menghindari terjadinya inkonsistensi data
  • Bisa mengatasi data rangkap (redundancy data)
  • Mempercepat dan mempermudah menyeleksi data dan memproses data
  • Kontrol data terpusat
  • Menghemat dalam pembiayaan perangkat
  • Menjamin keamanan data

Setelah melihat pengertian Sisten Informasi dan Database diatas, saya dapat melihat bahwa sistem informasi dan database tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sistem Informasi membutuhkan data dan data diolah oleh aplikasi sistem informasi sehingga menjadi database. Database bisa meningkatkan fungsi sebuah sistem informasi dengan menyimpan data – data yang dapat di proses pada sistem tersebut sehingga meringankan penggunaan memori komputer.

Cao :v

pustaka:

Dudung. 2015. "12 Pengertian Dan Fungsi Sistem Informasi Menurut Para Ahli",
http://www.dosenpendidikan.com/12-pengertian-dan-fungsi-sistem-informasi-menurut-para-ahli, diakses pada 16 November 2017.

Rainer, Dedi. 2017. "8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi, Manfaat Database Terlengkap"
http://www.spengetahuan.com/2017/06/8-pengertian-database-menurut-para-ahli-tipe-fungsi-manfaat-database.html, diakses pada 16 November 2017.


Usman, Al dkk. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Pekanbaru.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar